Jumat, 04 Desember 2020

PEMILIHAN LOKASI BUDIDAYA IKAN BETUTU / GABUS

 PEMILIHAN LOKASI BUDIDAYA IKAN BETUTU / GABUS 

Oleh : Aldino Gibran Lubis, S.Pi

Tanggal : 04 Desember 2020


Lokasi Budidaya Ikan Betutu harus di teliti dan di perhitungkan menurut luas kolam yang akan di bangun.

Jumlah air yang akan di gunakan harus dapat mencukupi sepanjang tahun dan tidak di pengaruhi oleh musim. Karena air merupakan media hidup ikan betutu maka bila terjadi kekeringan dan ketersediaan air tak mencukupi akan menyebabkan kematian. Sumber air yang di gunakan untuk budidaya ikan betutu dapat berasal dari sungai, sumur, saluran irigasi, waduk, mata air, rawa, dan payau.

 

KEBERSIHAN & KESEHATAN AIR

Untuk mendapatkan air yang bersih dan sehat dapat di lakukan dengan cara mengamati asal sumber air yang akan di gunakan. 

a. Sumber air bukan berasal dari sungai yang di gunakan untuk membuang limbah industri, limbah bengkel, limbah rumah tangga, maupun limbah pertanian. 

b. Sumber air bukan berasal dari comberan karena air comberan umumnya mengandung kuman-kuman penyakit yang dapat menyerang ikan. 

c. Sumber air belum terpolusi oleh bahan-bahanyang berbahaya.

d. Sumber air tidak mengandung lumpur yang sangat tinggi.  

 

LOKASI BUDIDAYA IKAN BETUTU

Suhu air berpengaruh terhadap pertumbuhan dan perkembangan ikan. Suhu air yang tidak cocok, misalnya terlalu tinggi atau terlalu rendah dapat menyebabkan ikan betutu tidak dapat tumbuh dan berkembang dengan baik. 

Suhu air yang cocok untuk pertumbuhan ikan air tawar adalah berkisar antara 15 derajat c-30 derajat c dan perbedaan suhu antara siang dan malam kurang dari 5 derajat c.  

Suhu air yang sesuai akan meningkatkan aktivitas ikan untuk makan, seehingga menjadikan betutu cepat tumbuh besar. 

Ikan betutu menghendaki suhu air berkisar antara 27 derajat c - 30,5 derajat c dan 24 derajat c -26 derajat c. 

Suhu yang terlalu rendah maupun tinggi dapat menyebabkan kematian ikan. Bila suhu rendah, ikan akan kehilangan nafsu makannya sehingga pertumbuhannya terhambat dan bila suhu terlalu tinggi ikan akan stres dan mati kekurangan oksigen. 

Demikian pula penurunan dan peningkatan suhu yang ekstrimjuga menimbulkan kematian ikan. 

Sementara itu, keadaan kadar oksigen terlarut dalam air sangat berpengaruh terhadap aktifitas ikan, seperti aktivitas berenang, pertumbuhan, reproduksi.

 

DERAJAT KEASAMAN AIR

Dapat mempengaruhi pertumbuhan ikan. Derajat keasaman air yang sangat rendah dapat menyebabkan kematian ikan. Demikian pula dengan keadaan air yang sangat tinggi juga dapat menyebabkan pertumbuhan ikan terhambat. 

Kisaran derajat keasaman air yang cocok untuk budidaya ikan betutu adalah antara 6,0-7,0. 

Perairan yang asam basa tidak sesuai dengan yang di kehendaki ikan juga berpengaruh terhadap nafsu makan ikan, sehingga pertumbuhan dan perkembangan ikan lamban dan ikan sensitif terhadap serangan bakteri dan parasit. 

 

KADAR AMONIAK

Kandungan amoniak yang tinggi dapat mengganggu pertumbuhan dan perkembangan ikan. Bahkan bila kandungan amoniaknya sangat tinggi melebihi ambang batas kadar yang baik untuk ikan betutu dapat menyebabkan kematian. 

 

DERAJAT KEKERUHAN

Air yang terlalu keruh dapat menyebabka ikan mengalami gangguan pernafasan karena insang terganggu oleh kotoran. 

Batas kekeruhan dapat di ukur dengan memasukkan benda yang berwarna putih sampai kedalaman 20-40 cm, jika benda tersebut masih kelihatan, maka kekeruhan air masih belum mengganggu kehidupan ikan betutu. 

Air yang tidak terlalu keruh dan tidak pula terlalu jernih sangat cocok untuk kehidupan ikan. Kekeruhan yang baik adalah yang di sebabkan oleh plankton atau jasad-jasad renik.

 

 

   

 

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit, sed diam nonummy nibh euismod tincidunt ut laoreet dolore magna Veniam, quis nostrud exerci tation ullamcorper suscipit lobortis nisl ut aliquip ex ea commodo consequat.

0 komentar:

Posting Komentar

Contact Us

Phone / Whatsapp :

081361976655

Alamat :

Jalan SM.Raja Gg Bilal, Binjai Utara,
Binjai.

Email :

dinogibran@gmail.com

Cari Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.

Mengenai Saya

Foto saya
Assalamualaikum wr wb... Halo semuanya.... Selamat datang di Blog Saya, Aldino Gibran Lubis, S.Pi. Blog berisikan segala informasi perikanan, materi-materi budidaya perikanan, dokumentasi kegiatan, dan segala hal yang terkait dengan dunia perikanan. Semoga Blog ini bermanfaat buat teman-teman yang ingin menambah wawasan dan informasi di dunia perikanan.